Cara Bypass Login Hotspot Mikrotik

Postingan kali ini masih seputar Hotspot mikrotik... ini lanjutan mengenai Hotspot tsb.

Untuk para admin biasanya mem bypass komputernya agar disaat ada masalah bisa langsung masuk ke router tanpa login ke hotspotnya dulu.

Maksud dari bypass tsb adalah ketika masuk ke hotspot tidak perlu memasukan username & password pada login hotspot tersebut..  jadi ketika join/connect ke Wifi, kita langsung bisa akses ke internet ato langsung bisa browsing tanpa login ke hotspot lagi.. Mengerti sampai disini..? kalo gak ngerti yo wess lah.. gue juga gk ngerti apa yg gue jelasin.. :v 

Sebenarnya Di Hotspot banyak sekali fitur untuk mem-Bypass,yaitu bisa dengan IP-Binding,Walled Garden dan juga IP-Walled Garden.
Kemarin saya sudah memposting mengenai bypass juga dihotspot, yaitu Cara Bypass Website Tertentu Di Hotspot Mikrotik Menggunakan Walled Garden.
Karena Menggunakan Walled Garden sudah saya jelaskan, jadi kali ini kita akan menggunakan IP-Binding untuk bypass login Hotspot, Untuk langkah-langkahnya ikuti dibawah ini.

1. Login Ke Mikrotik

2. Masuk Ke Menu IP>Hotspot>Kemudian Pilih menu IP Binding.

3. Masukkan Mac Address atau IP pada Komputer yang ingin di bypass/yg ingin diloloskan dr tampilan login hotspot,kemudian pilih type=bypass, lalu klik apply>OK. Contoh dibawah ini adalah mac address laptop saya yg ingin saya bypass.



Pada Opsi Type binding diatas ada 3 macam parameter yaitu :
  • Blocked => Jika Pilih Opsi ini maka mac address yg didaftarkan dengan type ini akan di block dihotspot/ tidak mendapatkan layanan Hotspot.
  • Bypassed =>Jika pilih opsi ini maka mac address yg didaftarkan akan di bypass ato di loloskan sehingga tidak perlu melewati autentikasi pada login hotspot.
  • Regular => Untuk Opsi ini akan melewati autentikasi login seperti biasa.

4. Jika sudah Diset seperti diatas coba lakukan pengetesan..

Selain Dari Mac address yg anda daftarkan di binding tsb, anda bisa juga mendaftarkan ip address anda.. misal ip laptop anda =192.168.1.1 jadi ada tambahkan di binding tsb di opsi address.

5. Selesai.

Sekian Dari Tukang LAP, jika ada kesalahan ato kekurangan saya mohon maaf, karna manusia tidak ada yg sempurna.. :) 

Salam Baik.. :) 


Previous
Next Post »