Cara Setting TP-Link Sebagai Akses Point

Hello Guys... Welcome to my blog..

Ini adalah postingan pertama saya.. :D Sebenarnya sih saya agak malas blogging, karna saya ini adalah orang yg super sibuk... :v tiap hari ada aja yg musti dikerjakan, namanya aja tukang lap yah krjaannya ngelap2 ajalah.. :v hehehe.. . makanya saya agak susah untuk ngeblog :D.
dulu waktu saya sekolah juga sudah ada blog, tpi tidak pernah saya update, yah karna yg tdi juga.. namanya tukang lap, yah dr sekolah pun krjaannya ngelap2 hingga skrng ini... :v :D.
Setelah sekian lama tidak menyentuh Blogger jadi lupa nulis postingan gimana... :v  hehehe
Yo wes lah.. langsung saja ke inti dr judul diatas.. mungkin agan juga sudah bosan bacanya,.. iyakan? :v


Ok.. Sebelum melakukan konfigurasi musti siapkan alat/bahanya dulu, karna jika tidak ada alat.. apa yg mau disetting ? :v

untuk alat/bahanya seperti berikut:

  • Pertama, anda harus mempunya Perangkat AP TP-Link Tentunya
  • Media Transmisi Data (Kabel UTP) Yang sudah dikrimping yah...  :D
  • Internet, Sebenarnya tanpa internet sih bisa, tapi disini saya saranin pake internet agar lebih mudah untuk pengetesan berhasil ato nggaknya.
  • Laptop/PC untuk konfigurasi

Jika sudah memenuhi Syarat, langsung kita Ke TKP :v

Topologi = Internet>AP TP-Link>Client

Untuk Ip addressnya sesuaikan dengan jaringan anda.. ini hanya contoh saja, ato jika hanya mau belajar bisa ikuti dibawah ini... oke follow me :D

Disini saya confignya hanya sebagai Bridge saja.
IP Dr ISP = 10.10.10.254/24
AP Tp-Link saya set = 10.10.10.1/24
Kemudian untuk Client saya kasih range nya = 10.10.10.2 sampai 10.10.10.253

1. First, Sambungkan kabel UTP dr Tp-Link tsb, ke Laptop kamu. Kemudian Set IP di Laptop anda. Sesuaikan dgn Ip Default AP nya, Biasanya tertera di Belakang TP-link tsb. Untuk IP Tp-Link Defaultnya biasanya = 192.168.1.254, jadi kamu Set Ip di Laptop kamu satu segmen dgn ip default tp-link, contoh sprti dibawah ini







2. Jika Sudah, Buka Browser kemudian ketting ip default tp-link tsb ke address bar browser anda. Kemudian anda ditampilkan Pop Up Autentikasi, Masukkan user & Pass default tp-link nya. user: admin pass: admin 



3. Jika Bener, maka anda akan dihadapkan ke tampilan Tp-link seperti dibawah ini, Kemudian pada bilah disebelah kiri anda pilih menu Mode,kemudian pilih option AP Accest Point, Kemudian Save.



4.  Kemudian Masuk ke Menu Network,Ganti Ip nya sprti yg saya bahas tadi.



5. Jika sudah setting lagi ip anda di komputer/laptop menjadi satu sabnet dgn ip 10.10.10.1, caranya sprti pada langkah pertama diatas.. jika sudah masuk ke menu Wireless.
pada basic setting, Tentukan SSID nya, Region,Channel. utk SSIDnya terserah kamu, dan channelnya cari yg blom digunakan oleh org lain,, karna jika sma channelnya akan mengakibatkan interfensi, disini saya menggunakan channel 6, sperti dibawah ini, kemudian save.



6. Untuk memberikan password pada wifi, masuk ke menu wireless> kemudian security setting> pilih option WPA-PSK/WPA2/PSK, dan tulis password yang anda inginkan, disini saya menulis password saya "0123456789" seperti gambar dibawah ini..


7.  Langkah terakhir memberikan ip otomatis ke pada client, masuk ke menu DHCP>pilih DHCP setting, kemudian pilih option enable pada DHCP Server. kemudian tentukan range ip nya pada start ip address dan end ip address,pada gateway, masukkan ip yg dr internet, dan dns masukkan aja dns google,Kemudian Save dan Reboot. Detail Sprti Gambar Berikut



8. Jika sudah cabut kabel utp yg dr laptop kemudian kabel yg dr internet colokan ke AP-Tplink.
jika sudah, coba test login ke Wifinya.

Selesai

Sekian Tutorial Dari Saya, Jika ada kata2 saya yg tidak berkenan dihati mohon maaf sebelumnya..
Semoga Bermanfaat.

Jangan Lupa tinggalkan komentar yah.. :D hehehe..

Salam super..  :)







Previous
Next Post »